Kamis, 25 Mei 2017

Gejala Kanker Payudara


Carcinoma Mammae atau secara umum disebut sebagai kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker ganas yang dapat menyerang wanita. Kanker ini dapat tumbuh dalam jaringan payudara seperti saluran dan kalenjar susu serta jaringan lemak ataupun jaringan ikat pada payudara.
Adapun gejala yang ditimbulkan oleh kanker payudara adalah :
·      Gejala Kanker Payudara Stadium Awal
Penderita kanker payudara stadium awal akan mengalami benjolan kecil, dimana bentuk dan ukuran benjolan ini berbeda dengan jaringan payudara. Benjolan tersebut dapat didorong menggunakan tangan. Meski begitu, penderita tidak akan mengalami nyeri ataupun sakit pada tahap awal kanker payudara.
·      Gejala Kanker Payudara Stadium Lanjut
Pada kanker payudara stadium lanjut, umumnya benjolan yang dialami pada stdium awal akan menempel pada bagian kulit atau dada. Selain itu, benjolan akan mengalami pembengkakan. Bahkan dari beberapa kasus, benjolan tersebut bisa menjadi borok di kulit payudara.

ü Adapun gejala lain stadium lanjut adalah :
§  Timbulnya benjolan pada daerah ketiak
§  Bentuk serta ukuran dari payudara akan berubah
§  Puting susu akan mengeluarkan cairan yang tidak   normal seperti darah, cairan berwarna kuning dan hijau serta nanah
§  Warna serta tekstur kulit payudara akan berubah
§  Rasa nyeri pada payudara
Gejala-gejala tersebut harus benar-benar diketahui setiap wanita, agar dapat lebih mudah mendiagnosa pada saat terjadi resiko stadium awal. Ada juga beberapa faktor penyebab dari kanker payudara, meski belum dapat dipastikan, tetapi faktor tersebut membuat wanita lebih rentan terkena kanker payudara.
Adapun beberapa faktor atau penyebab terjadinya kanker payudara adalah
ü Faktor Usia diatas 60 tahun membuat wanita lebih rentan terkena kanker payudara.
ü Riwayat Keluarga Kanker payudara juga dapat terjadi apabila terdapat riwayat keluarga yang pernah menderita kanker payudara, misalkan nenek, ibu atau tante ( bibi ).
ü Semakin muda seorang wanita mengalami menarke, maka akan semakin besar pula resiko terkena kanker payudara.
ü Pemakaian pil KB juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker payudara. Meskipun begitu, tetaplah tergantung dari lamanya pemakaian, usia serta faktor lain.
ü Wanita yang mengkonsumsi minuman beralkohol lebih dari 2 gelas sehari memiliki resiko yang lebih besar dalam terserang penyakit kanker payudara.

Kanker payudara memang merupakan kanker ganas, tapi bukan berarti penyakit ini tidak dapat diobati. Tetapi sebelum mengobati, ada baiknya kita mencegah sebelum terkena penyakit ini. Menurut beberapa pakar kesehatan, diet serta melakukan pola hidup sehat merupakan cara pencegahan terbaik dalam menghindari kanker payudara.

Sumber : https://www.deherba.com/gejala-penyebab-dan-cara-mencegah-kanker-payudara.html

0 komentar:

Posting Komentar