Minggu, 13 Mei 2012

Hidrokuinon Pada Cream Pemutih Wajah



Hidrokuinon (Hydroquinone) adalah sejenis bahan penghakis yang mempunyai struktur kimia C6 H6 O2. Nama kimianya ialah '1,4 dihydroxybenzene'. Hidrokuinon yang digunakan dalam kosmetik boleh menyebabkan proses depigmentasi (proses dimana pigmen dibuang dan menyebabkan kulit menjadi cerah). Ini berlaku apabila hidrokuinon menghalang proses penukaran tyrosine kepada dopa dan menghalang proses-proses metabolisme yg berkaitan dengan melanin (melanocoyte).
Proses depigmentasi ini adalah proses yg reversible akibat melanin pada kulit di hakis.Tanpa melanin, kulit kita sebenarnya lemah dan perlu dilindungi daripada cahaya matahari bagi mengelak kemungkinan mendapat kanker kulit.
Kadar zat pemutih hidroquinon untuk kosmetik hanya diperbolehkan dua persen, lebih dari itu harus diperlakukan sebagai obat.
Krim pemutih merupakan campuran bahan kimia yang bertujuan memucatkan noda hitam (cokelat) pada kulit. Dalam jangka waktu lama krim tersebut dapat menghilangkan atau mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Namun jangan salah, penggunaan yang terus-menerus justru akan menimbulkan pigmentasi dengan efek permanen.

Ø  Bahaya Hidrokinon

Hidrokuinon termasuk golongan obat keras yang hanya dapat digunakan berdasarkan resep dokter. Bahaya pemakaian obat keras ini tanpa pengawasan dokter dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit menjadi merah dan rasa terbakar, bercak-bercak hitam.
Ø  Efek Samping
Hidrokinon dapat menimbulkan dermatitis kontak dalam bentuk bercak warna putih pada wajah atau sebaliknya.Menimbulkan reaksi hiperpigmentasi.
Ø  Gejala awal dapat berupa :
§  Iritasi kulit ringan
§   Panas
§   Merah
§   Gatal atau hitam pada wajah akibat kerusakan sel melanosit
           
Monobenzil hidrokinon 2-4 % merupakan pemutih yang sangat kuat sehingga dapat terjadinya bintik-bintik hitam pada kulit.

Ø  Sifat Fisika dan Kimia Hidrokinon
1. Pemerian :
v  Berbentuk jarum halus
v  Putih
v  Mudah menjadi gelap jika terpapar cahaya dan udara.

 2. Kelarutan :
v  Mudah larut dalam air
v  Mudah larut dalam etanol
v  Mudah larut dalam eter.

0 komentar:

Posting Komentar