Rabu, 26 Oktober 2011

Triglycerides

Triglycerides adalah senyawa-senyawa kimia yang dicerna oleh tubuh untuk menyediakan padanya energi untuk metabolisme. Triglycerides adalah bentuk yang paling umum dari lemak yang kita makan, dan adalah ramuan utama pada minyak-minyak sayur (vegetable oils) dan lemak-lemak hewan.

Tingkat-tingkat triglyceride yang naik adalah faktor risiko untuk atherosclerosis, penyempitan dari arteri-arteri dengan penumpukan dari plaque-plaque yang berlemak yang mungkin menjurus pada serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri peripheral. Markedly elevated triglyceride levels may also cause fatty liver disease and pancreatitis.

Tingkat-tingkat triglyceride yang naik dalam darah mungkin dihubungkan dengan penyakit-penyakit lain termasuk:

* diabetes yang terkontrol dengan buruk,
* penyakit ginjal,
* beberapa obat-obat (contohnya, beta blockers, diuretics, pil-pil kontrol kelahiran).

Konsumsi alkohol dapat menaikan tingkat-tingkat darah triglyceride dengan menyebabkan hati memproduksi lebih banyak asam-asam lemak. Bagaimanapun, ada beberapa aspek-aspek yang bermanfaat dari konsumsi alkohol yang sedang, ditentukan sebagai satu minuman alkohol per hari (segelas wine, satu botol beer, atau satu ounce dari hard liquor), yang mungkin menyeimbangkan kenaikan triglyceride ini. Konsumsi yang sedang mungkin meningkatkan sedikit tingkat-tingkat HDL (kolesterol baik) dalam aliran darah dan red wine, yang mengandung antioksidan-antioksidan, mungkin mengurangi risiko penyakit jantung. Bagaimanapun, tidak direkomendasikan bahwa orang-orang mulai meminum alkohol untuk memperoleh efek-efek ini.

Mengukur Tingkat-Tingkat Triglyceride

Tingkat-tingkat triglyceride dalam darah diukur dengan tes darah yang sederhana. Sering, triglycerides diukur sebagai bagian dari panel lipoprotein (lipid panel) dimana triglycerides, kolesterol, HDL (high density lipoprotein), dan LDL (low density lipoprotein) diukur pada saat yang bersamaan.

Berpuasa selama 9-12 jam sebelum tes diperlukan. Tingkat-tingkat lemak dalam darah dipengaruhi oleh makan dan pencernaan baru-baru ini. Hasil-hasil evaluasi yang salah mungkin terjadi jika tes darah dilakukan segera setelah makan.
Tingkat-Tingkat Triglyceride Yang Normal dan Arti Dari Tingkat-Tingkat Triglyceride Yang Tinggi

Triglycerides yang meningkat menempatkan individu pada risiko atherosclerosis. Tingkat-tingkat triglyceride dan kolesterol diukur dalam darah untuk menyediakan metode penyaringan untuk risiko ini.

* Tingkat-tingkat triglyceride normal dalam darah adalah kurang dari 150mg per deciliter (mg/dL).
* Tingkat-tingkat garis batas adalah antara 150-200 mg/dL.
* Tingkat-tingkat tinggi dari triglycerides (lebih besar dari 200 mg/dl) berhubungan dengan peningkatan risiko atherosclerosis dan oleh karenanya penyakit arteri koroner dan stroke.
* Tingkat triglyceride yang sangat tinggi (lebih besar dari 500mg/dl) mungkin menyebabkan pancreatitis (peradangan pankreas).

Bagaimana Saya Dapat Menurunkan Tingkat-Tingkat Triglyceride Saya ?

Mengembalikan tingkat-tingkat triglyceride ke normal mungkin mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri peripheral. Mengontrol triglycerides yang tinggi dan kolesterol yang tinggi adalah tantangan sepanjang hidup. Gaya hidup yang sehat termasuk makan yang baik, olahraga secara rutin, menghentikan merokok, dan mengurangi berat badan. Ini mungkin adalah segalanya yang diperlukan, namun beberapa orang-orang sebagai tambahan memerlukan obat-obat untuk menurunkan tingkat-tingkat triglyceride dalam darah. Dokteer anda akan membantu membuat keputusan-keputusan dengan anda untuk memutuskan kombinasi perawatan apa adalah yang paling tepat.

Perubahan-Perubahan Pada Diet

Perubahan-perubahan diet berikut mungkin bermanfaat dalam menurunkan triglycerides.

1. Mengurangi pemasukan gula anda: Jika anda mempunyai gigi manis, coba terapkan batasan-batasan pada berapa sering dan berapa banyak gula anda konsumsi. Anda dapat memotong pemasukan anda setengah untuk memulai dengannya, dan belanjut memotong kembali dari sana. Ingat untuk membaca label-label untuk memeriksa kandungan gula pada keduanya makanan dan minuman-minuman.
2. Merubah dari putih ke coklat: Jika anda makan nasi, roti, dan pasta putih, ganti ke produk-produk whole wheat. Mungkin memerlukan sedikit waktu untuk membiasakan diri pada perbedaan dalam rasa, namuan usaha ini berharga untuk manfaat-manfaat kesehatan anda. Ada keberagaman dari produk-produk whole wheat di pasaran, jadi bereksperimen sampai anda menemukian satu yang anda paling sukai.
3. Mengganti lemak-lemak: Batasi atau hindari makanan-makanan dengan lemak-lemak jenuh dan trans. Ini termasuk makanan-makanan gorengan, lard, butter, whole milk, ice cream, makanan-makanan yang dipanggang secara komersial, daging-daging, dan keju. Baca label-label nutrisi untuk menentukan apakah lemak-lemak tidak sehat ini hadir.

Mengganti ke lemak-lemak monounsaturated dan polyunsaturated. Sumber-sumber yang paling baik dari lemak-lemak ini adalah olive oil, canola oil, kacang-kacang, dan ikan yang berlemak seperti salmon, mackerel, lake trout, sardines, herring, dan albacore tuna. Belajar untuk menginterpretasikan label-label makanan akan membantu anda mengerti jenis-jenis dari lemak dalam makanan yang anda beli dan konsumsi.
Pengobatan

Fibrates (contohnya, gemfibrozil [Lopid] atau fenofibrate [Tricor]) dan niacin adalah obat-obat yang menurunkan keduanya kolesterol dan triglycerides. Keputusan untuk menggunakan obat-obat ini tergantung pada keberagaman faktor-faktor termasuk sejarah medik pasien sebelumnya, obat-obat lain yang diminum, dan faktor-faktor risiko lain untuk atherosclerosis yang mungkin hadir. Penggunaan obat tidak menggantikan diet, olahraga, dan pilihan-pilihan gaya hidup lain yang sehat.

0 komentar:

Poskan Komentar