Jumat, 01 Juni 2012

Asam Benzoat


Asam benzoat, C7H6O2 (atau C6H5COOH), adalah padatan kristal berwarna putih dan merupakan asam karboksilat aromatik yang paling sederhana. Nama asam ini berasal dari gum benzoin (getah kemenyan), yang dahulu merupakan satu-satunya sumber asam benzoat. Asam lemah ini beserta garam turunannya digunakan sebagai pengawet makanan. Asam benzoat adalah prekursor yang penting dalam sintesis banyak bahan-bahan kimia lainnya.
Gambar
v  Golongan
Asam karboksilat

v  Sinonim / Nama Dagang
Benzenecarboxylic acid; Carboxybenzene; Dracylic acid; Phenyl carboxylic acid; Phenylformic acid; Retarder BA; Tenn-plas; Retardex; Solvo powder; Salvo liquid; Phenylcarboxylic acid; Benzoate; Benzenemethanoic acid; Benzeneformic acid; A-63; A-68; STCC 4966340.

v  Penggunaan
Pengawet pada makanan, lemak-lemak, jus buah, pelarut alkaloid; Pada pembuatan benzoat dan senyawa benzoil. Sebagai standar pada analisa volumetrik dan kalorimetrik.sebagai anti jamur dalam farmasi.

v  Identifikasi Bahaya
ü  Risiko utama dan sasaran organ
Iritasi pada mata

ü  Rute Paparan

o   Paparan jangka
1.      Terhirup
2.      Sakit tenggorokan
3.      Kontak dengan kulit
4.      Iritasi ringan, ruam.
5.      Kontak dengan mata
6.      Iritasi
7.      Tertelan
Sakit tenggorokan, mual, muntah, sakit perut.

o   Paparan jangka panjang
1.      Terhirup
Tidak ada data
2.      Kontak dengan kulit
Tidak ada informasi tentang efek merugikan yang bermakna
3.      Kontak dengan mata
Iritasi
4.      Tertelan
Konvulsi



v  Sintesis laboratorium

Asam benzoat sangatlah murah dan tersedia secara meluas, sehingga sintesis laboratorium asam benzoat umumnya hanya dipraktekkan untuk tujuan pedagogi. Ia umumnya diajarkan kepada mahasiswa universitas.
Untuk semua metode sintesis, asam benzoat dapat dimurnikan dengan rekristalisasi dari air, karena asam benzoat larut dengan baik dalam air panas namun buruk dalam air dingin. Penghindaran penggunaan pelarut organik untuk rekristalisasi membuat eksperimen ini aman. Pelarut lainnya yang memungkinkan meliputi asam asetat, benzena, eter petrolium, dan campuran etanol dan air.

0 komentar:

Poskan Komentar