Jumat, 20 Mei 2011

Mimpi Basah


Mimpi basah (emisi nokturnal) adalah pengeluaran cairan semen (mani) di waktu tidur dan hanya dialami oleh laki-laki. Mimpi basah sering dialami oleh remaja laki-laki, yang sekaligus menjadi tanda bahwa ia telah memasuki masa pubertas. Hal ini bisa dipicu mimpi yang erotis maupun tidak, tergantung dari yang mengalami mimpi itu sendiri (khususnya bila ia seorang pria dewasa). Pengeluaran ini dapat terjadi tanpa disertai ereksi atau ejakulasi. Semakin bertambahnya umur maka mimpi basah ini semakin jarang dialami.
Mimpi basah tergantung dari respons fisik orang yang mengalami mimpi tadi. Peristiwa ini adalah mekanisme yang alami akibat vesikula seminalis (kantong sperma) telah penuh dengan sperma yang dihasilkan oleh testis.Akibatnya kantong sperma yg telah penuh tidak bisa menampung lagi, dan akhirnya dikeluarkan melalui penis pada saat seorang laki laki mengalami mimpi basah

            Mimpi basah terjadi pada cowok berusia 9-14 tahun. Umumnya terjadi secara periodic,berkisar selama 2-3 minggu sekali. Mimpi basah merupakan pengeluaran cairan sperma. Sperma diproduksi oleh testis. Ketika alat reproduksi mulai berfungsi maka testisnya mulai berproduksi dan setiap hari testisnya memproduksi sperma.
           
Proses terjadinya mimpi basah
Anak laki-laki yang menginjak remaja akan mengalami masa pubertas dan mulai terjadi proses pematangan sperma yang terjadi di testis. Produksi sperma seseorang dipengaruhi oleh faktor nutrisi (makanan), istirahat, rokok, narkoba, alcohol dan lain-lain. Sperma yang telah diproduksi ini akan dikeluarkan dari testis melalui saluran/vas deferens kemudian berada dalam cairan mani yang diproduksi oleh kelenjar prostat dan kelenjar lainnya. Air mani yang telah mengandung sperma akan keluar dari dalam tubuh laki-laki melalui saluran kemih di batang penis, pengeluaran sperma itu disebut ejakulasi dan ejakulasi yang alami tanpa rangsangan terjadi saat mimpi basah.

            Pria memang bisa terus menghasilkan sperma sampai usia tua. Tapi tidak dengan mimpi basah karena dalam kondisi tertentu mimpi erotis ini bisa berhenti.           Secara teori, mimpi basah atau mimpi erotis yang diakhiri dengan ejakulasi dialami pria sebagai penanda datangnya masa puber. Mimpi basah menandakan bahwa fungsi sistem reproduksi pria untuk menghasilkan sel sperma sudah berjalan.

            Faktor yang berpengaruh terhadap kejadian mimpi basah adalah
1.      factor makanan
2.      aktivitas
3.      fantasi seksual
Semakin makanan bergizi, kurang aktivitas dan fantasi seksualnya liar maka kejadian mimpi basah kemungkinan semakin sering. Tetapi jika makanan kurang bergizi, aktivitas padat, dan fantasi seksualnya kurang maka kemungkinan kejadian mimpi basah berkurang.

http://id.wikipedia.org/wiki/Mimpi_basah
http://www.acehforum.or.id/showthread.php/19416-mimpi-basah-kok-bsa

1 komentar:

Staff Ngeditblog mengatakan...


Memasuki masa remaja bagi seorang remaja laki-laki, tentu tidak akan lepas dari masa akil baliq atau pubertas. Berbagai pertanyaan tentu timbul dalam benak dan keingintahuan yang besar tentang perubahan yang terjadi pada dirinya. temukan jawabnnya mimpi basah di tanyadok.com portal informasi layanan kesehatan

Poskan Komentar